Membuat Banner
Bagian 3
Silakan Publish dengan Dreamweaper co'i!-Mancrut
Banner 1
Membuat Document Baru
1. Bukalah c: program files\macromedia\Flash 8\Samples and Tutorials/tutorial Assets/Basic Tasks/FlashBanner
2. Buka Dokumen baru
3. Mulai dengab blank document.
4. File>save as
5. beri nama Banner
Mengubah Properti Dokumen
1. Buka property Inspector
2. rubahlah ukuran stage 160 x 600
3. tekan ok kembali ke dokumen
4. File Save
Mengimport Gambar
1. File> Import to The Lbrary
2. Ambil File Gnome dan Star
3. Abil gambar Gnome ke stage
4. Klki selection tool dan pilih instance pada stage
5. Atur posisi X dan Y pada Property inspector dengan nilai masing-masing 0.
6. Simpan File
Mengenal Layer dan Time Line
1. Kunci Layer1
2. ganti nama layer 1 menjadi Back Ground
3. simpan file
Membuat Layer Baru
1. Buat Layer baru diatas layer Background
2. beri nama animasi
3. simpan
Mengimpor sebuah Layer
1. Pilih frame 1 dari layer animasi
2. Pilih File>Import>import to stage
3. Pilih Star.png dari drive
4. Buka Library panel
5. Pilih Slection tool pindahkan Star.png diatas Gnome
6. Simpan
Banner 2
Menambah Text
1. Bukalah file banner pada bagian 1
2. Pilih Insert>Time Line>Layer untuk menyelipkan layer baru dan beri nama Text
3. Pilih Text tool
4. klik di bagian atas stage
5. Buka property inspector pilh static text
6. ukuran font 20 point ketik OVERWORKER
7. ketik underpaid? Di bawah text yang anda ketik tadi
8. atur property text
9. ulangi langkah 7 sampai 8 untuk menambah prase Gnome? Di bawah ke dua text tadi\
10. Simpan file
Membuat Simbol
1.Pada Baner2.fla pilih gambar Star. PNG dan pilih Modify>convert to symbol beri nama join us behavior Movie clip tekan OK
2. Simpan
Menambah animasi pada Time Line
1. Ubah frame rate menjadi 18
2. klik ganda Instance Joint us Mc pada Stage
3. pilih file PNG yang ada di dalam movie clip dan tekan F8 untuk mengubah menjadi symbol lainnya.
4. dalam mengubah ke symbol ketik nama instance nested mc pilih movie clip dan klik OK
5. pilih frame 15 dan pilih Insert > timeline>keyframe.
6. Pada frame 30 tekan F6
7. pilih movie clip instance pada frame 15 dan buka property inspector
8. pilih brightness dari menu pop up color.
9. Ubah nilai menjadi 75%
10. pilih instance pada frame 15 lagi dan pilih free transform tool putar gambar ke kiri 50
11. Pilih frame 1 dan buat motion tween
12. pilih frame 15 buat motion tween
13. Simpan File
Membuat tombol
1. Pilih scene 1 pada edit bar
2. buat layer baru beri nama tombol
3. buat segi empat dengan rectangle tool
4. atur wana
5. buat segi empat pada stage
6. klik selection tool dan klik segi empat pada stage
7. rubah property 160 x 600 dan ganti nilai X dan Y mejadi 0
8. dengan segi empat masih terpilih dalan stage tekan F8 untuk mengubah segi empat menjadi symbol beri nama inv_btn dan pilih button lalu klik OK
9. edit tombol inv tadi, klik keyframe pada UP frame tahan dan drag ke Hit frame
10. klik scene 1 untuk kembali ke time line
11. dibawah icon mata pada layer tombol tekan titik untuk menyembunyikan layer
12. simpan file.
Menulis Script sederhana
1. Pilih tombol yang tak terlihat pada stage beri nama instance name inv_btn
2. buat layer baru dan beri nama action
3. pilih frame 1
4. ketik script berikut1
5. inv_ btn.onRelease = function (){
getURL(“http://gnome.deseloper.com”, “_blank”);
}
6. Simpan
Membuat Document Baru
1. Bukalah c: program files\macromedia\Flash 8\Samples and Tutorials/tutorial Assets/Basic Tasks/FlashBanner
2. Buka Dokumen baru
3. Mulai dengab blank document.
4. File>save as
5. beri nama Banner
Mengubah Properti Dokumen
1. Buka property Inspector
2. rubahlah ukuran stage 160 x 600
3. tekan ok kembali ke dokumen
4. File Save
Mengimport Gambar
1. File> Import to The Lbrary
2. Ambil File Gnome dan Star
3. Abil gambar Gnome ke stage
4. Klki selection tool dan pilih instance pada stage
5. Atur posisi X dan Y pada Property inspector dengan nilai masing-masing 0.
6. Simpan File
Mengenal Layer dan Time Line
1. Kunci Layer1
2. ganti nama layer 1 menjadi Back Ground
3. simpan file
Membuat Layer Baru
1. Buat Layer baru diatas layer Background
2. beri nama animasi
3. simpan
Mengimpor sebuah Layer
1. Pilih frame 1 dari layer animasi
2. Pilih File>Import>import to stage
3. Pilih Star.png dari drive
4. Buka Library panel
5. Pilih Slection tool pindahkan Star.png diatas Gnome
6. Simpan
Banner 2
Menambah Text
1. Bukalah file banner pada bagian 1
2. Pilih Insert>Time Line>Layer untuk menyelipkan layer baru dan beri nama Text
3. Pilih Text tool
4. klik di bagian atas stage
5. Buka property inspector pilh static text
6. ukuran font 20 point ketik OVERWORKER
7. ketik underpaid? Di bawah text yang anda ketik tadi
8. atur property text
9. ulangi langkah 7 sampai 8 untuk menambah prase Gnome? Di bawah ke dua text tadi\
10. Simpan file
Membuat Simbol
1.Pada Baner2.fla pilih gambar Star. PNG dan pilih Modify>convert to symbol beri nama join us behavior Movie clip tekan OK
2. Simpan
Menambah animasi pada Time Line
1. Ubah frame rate menjadi 18
2. klik ganda Instance Joint us Mc pada Stage
3. pilih file PNG yang ada di dalam movie clip dan tekan F8 untuk mengubah menjadi symbol lainnya.
4. dalam mengubah ke symbol ketik nama instance nested mc pilih movie clip dan klik OK
5. pilih frame 15 dan pilih Insert > timeline>keyframe.
6. Pada frame 30 tekan F6
7. pilih movie clip instance pada frame 15 dan buka property inspector
8. pilih brightness dari menu pop up color.
9. Ubah nilai menjadi 75%
10. pilih instance pada frame 15 lagi dan pilih free transform tool putar gambar ke kiri 50
11. Pilih frame 1 dan buat motion tween
12. pilih frame 15 buat motion tween
13. Simpan File
Membuat tombol
1. Pilih scene 1 pada edit bar
2. buat layer baru beri nama tombol
3. buat segi empat dengan rectangle tool
4. atur wana
5. buat segi empat pada stage
6. klik selection tool dan klik segi empat pada stage
7. rubah property 160 x 600 dan ganti nilai X dan Y mejadi 0
8. dengan segi empat masih terpilih dalan stage tekan F8 untuk mengubah segi empat menjadi symbol beri nama inv_btn dan pilih button lalu klik OK
9. edit tombol inv tadi, klik keyframe pada UP frame tahan dan drag ke Hit frame
10. klik scene 1 untuk kembali ke time line
11. dibawah icon mata pada layer tombol tekan titik untuk menyembunyikan layer
12. simpan file.
Menulis Script sederhana
1. Pilih tombol yang tak terlihat pada stage beri nama instance name inv_btn
2. buat layer baru dan beri nama action
3. pilih frame 1
4. ketik script berikut1
5. inv_ btn.onRelease = function (){
getURL(“http://gnome.deseloper.com”, “_blank”);
}
6. Simpan
Bagian 3
Silakan Publish dengan Dreamweaper co'i!-Mancrut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar